D3 Teknik Pengolahan Minyak Dan Gas


VISI DAN MISI JURUSAN
1.VISI
Menjadi Program Studi yang Unggul di bidang Teknik Pengolahan Migas dan Produk Migas serta Energi Baru Terbarukan di Kalimantan pada Tahun 2025.

2.MISI
Untuk mewujudkan visi dan sejalan dengan realisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, maka ditetapkan Misi Program Studi Teknik Pengolahan Migas sebagai berikut:
a.Menyelenggarakan manajemen pendidikan dan pengajaran di bidang Teknik Pengolahan Migas yang berlandaskan kompetensi secara efektif dan efisien.
b.Menyelenggarakan kurikulum yang relevan dengan bidang keilmuan Teknik Pengolahan Migas dan Energi Baru Terbarukan yang didukung oleh substansi moral, jiwa kewirausahaan dan profesionalisme.
c.Menyelenggarakan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam proses pengolahan migas melalui penelitian sesuai dengan kebutuhan pengembangan Teknologi Pengolahan Migas dan Produk Migas serta Energi Baru Terbarukan.
d.Memanfaatkan dan menyelenggarakan ipteks yang relevan pada industri Pengolahan Migas dan Produk Migas serta Energi Baru Terbarukan.
e.Menyelenggarakan kerjasama di bidang Teknik Pengolahan Migas.
f.Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Bidang Teknik Pengolahan Migas

B.KURIKULUM
Kurikulum pendidikan program studi teknik pengolahan migas selalu disesuaikan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan kebutuhan pasar kerja. Paling lama setiap 5 tahun Kurkulum program studi  Teknik pengolahan migas akan ditinjau ulang. 
Berbagai kompetensi yang diperlukan sebagai penyandang Ahli Madya (A.Md) tersebut akan diperoleh melalui kegiatan-kegiatan akademik yang meliputi : kuliah, praktikum, penelitian, kerja praktek (KP) dan tugas akhir (TA). Mata kuliah inti yang menjadi penunjang utama kompetensi lulusan antara lain pengolahan migas, utilities, kimia migas, peralatan pengolahan migas, operasi teknik, pengendalian proses dan dasar instrumentasi, ,konservasi energi, petrokimia dan storage & handling
 Disamping harus menyelesaikan berbagai kegiatan akademik tersebut, untuk mendapatkan sertifikat kelulusan (yudisium) mahasiswa juga harus memenuhi berbagai persyaratan penunjang seperti kemampuan bahasa Inggrisa dan sebagainya.
Seluruh kegiatan akademik tersebut dirancang menjadi program pendidikan D3 teknik pengolahan migas yang terdiri dari 6 semestter. Kurikulum yang berlaku saat ini adalah kurikulum  Teknik Pengolahan Migas tahun 2016.
Mata kuliah inti  bagi mahasiswa program studi  Teknik pengolahan migas adalah 


 Sekilas Pandang Program Studi (Prodi) D3 Teknik Pengolahan Migas
Prodi D3 Teknik Pengolahan Migas yang mempunyai Visi menjadi program studi yang unggul di bidang teknik pengolahan migas dan produk migas serta energi baru terbarukan di Kalimantan pada tahun 2025  telah terakreditasi B oleh BAN-PT. Saat ini prodi D3 TPM memiliki 9 dosen tetap yang telah bergelar magister (S2) yang merupakan lulusan universitas terkemuka di Indonesia

C.Keunggulan Prodi D3 TPM
1.Lulusan program studi ini menguasai ilmu pengetahuan spesifik di bidang teknologi pengolahan minyak dan gas bumi.
2.Satu-satunya program studi yang mempelajari bidang teknik pengolahan migas, produksi migas serta energi baru terbarukan di Indonesia Bagian Timur
3.Lokasi pembelajaran sangat strategis karena berdekatan dengan industri pengolahan migas, serta keterlibatan secara langsung para ahli dan praktisi dunia perminyakan
4.Masa studi lebih singkat (6 semester/3 tahun), dengan kurikulum menitik beratkan pada skill dengan perbandingan 60% praktikum dan 40% teori.
5.Mahasiswa dapat melakukan simulasi pembuatan bahan bakar minyak (BBM) dan mengembangkan energi alternatif

D.Peluang kerja
Peluang kerja sangat besar karena tidak hanya di industri minyak dan gas bumi tetapi juga di industri petrokimia, lembaga pemerintahan, service company, BUMN, industri eksplorasi minyak dan gas bumi, pupuk, perbankan, industri tambang batu bara, dan sektor lain yang juga terbuka bagi lulusan prodi D3 TPM.

E.Dosen
Saat ini program studi  Teknik pengolahan migas memiliki 9 dosen lulusan universitas ternama di Indonesia.  Dosen dosen tersebut adalah sebagai berikut

1.A. M. Miftahul Huda, S.Si., M.Si
2.Amirul Mukminin, S.Si., M.Si
3.Bustam Sulaiman, ST., M.Si
4.Debora Ariani, S.Si., M.Si
5.Eka Megawati, S.Pd.Si., M.Pd
6.Ir. I Ketut Warsa, S. S .T., M.T
7.Meita Rezki Vegatama, S.Pd., M.Pd
8.Selvia Sarungu, ST., M.T
9.Yuniarti, S.T., M.Eng
































 
F.STRUKTUR ORGANISASI


 

 
G.Tempat Kerja Praktek
1. PT. Pertamina RU V Balikpapan
2. PT. Pertamina RU VII Sorong
3. Pertamina EP. Sangasanga
4. PT. BADAK LNG
5.PT. Kutai Refinery
6. VICO
7. PT . BENUO TAKA WAILAWI
8. PT. PUSDIKLAT MIGAS CEPU
9. PT. PERTAMINA EP ASSET 4 FIELD CEPU
10.  PT. KALTIM METHANOL INDUSTRI
11. PDAM
12. TOTAL
13. CHEVRON
14. PT. PERTAMINA MOR - IV

Kerjasama