• By Admin

Wakili Indonesia, Mahasiswa STT Migas Balikpapan Presentasikan Hasil Penelitian di Asia Petroleum Geoscience Conference & Exhibition di Kuala Lumpur

MahasiswaSTT Migas Balikpapan, Achmad Fauzi (Teknik Perminyakan 2015), terpilih menjadisatu-satunya wakil mahasiswa Indonesia yang mempresentasikan hasil penelitianpada APGCE (Asia Petroleum GeoscienceConference & Exhibition) 2017 di Kuala Lumpur. Bertempat di KualaLumpur Convention Center, Fauzi bersama dengan beberapa mahasiswa dariuniversitas di Asia, pada tanggal 20 21 November 2017 mempresentasikan hasil penelitianmengenai pengaruh fluida gas kondensat terhadap produktivitas di reservoir.Acara yang diselenggarakan oleh PETRONAS dan di organized oleh ICEP (InternationalConference and Exhibition Proffesionals) yang berkolaborasi dengan EAGE (European Association of Geoscientists andEngineers) tersebut dihadiri oleh 2500 delegasi , 100 perusahaan dan 20negara , 50 lebih Exhibitor dan 100lebih technical presentations. Selain presentasi ilmiah, ada juga program khususmahasiswa seperti Geo-Quiz, seminar, dll.

APGCEmerupakan konferensi tingkat Asia yang diselenggarakan 2 tahun sekali untukmemfasilitasi diskusi dan presentasi mengenai isu dan ide terbaru dalam bidangperminyakan dan geosains. Presenter yangmengisi acara tersebut didominasi oleh kalangan industri minyak dan gas sertabeberapa akademisi,  profesional, dosenmaupun mahasiswa (S1, S2, dan S3). Untuk mempresentasikan penilitian di caraini, seleksi yang dilakukan adalah seleksi abstact oleh reviewer industrimigas, kemudian dipilih penelitian terbaik pada sub tema yang sesuai dengankuota tertentu. Fauzi sendiri berhasil masuk sebagai salah satu presenter dalamtema/session Reservoir Monitoring and 4D Seismic Modeling yang diisi oleh hanya4 presenter, yakni professional dari Petronas, Petronas Carigali, serta dariChangan University, China.

Tema penelitian yang diambil adalah inginmenganalisis pengaruh perubahan fasa fluida gas kondensat terhadapproduktivitas reservoir. Hal ini sangat penting mengingat banyak kasusreservoir gas c kondensat yang tidak dapat terproduksi secara maksimal karenapengaruh condnsate banking(penimbunan kondensat) di sekitar lubang sumur. Oleh karena itu, penelitian iniingin mengembangkan solusi analitik yang dapat memprediksi laju alir gas padasaat kondensate mulai terbentuk.

Sebagai satu-satunya wakil mahasiswaIndonesia di konferensi ini, Fauzi berhasil menunjukkan prestasi mahasiswa Indonesiamampu bersaing dengan penelitian mahasiswa lain di Asia. Adapun keberangkatanke konferensi ini disponsori oleh STT Migas Balikpapan, EAGE Student TravelGrant, dan Petronas untuk tiket pesawat, registrasi, maupun akomodasi.

Berita Lainnya

Kerjasama