Tanggap Baca Peluang, Pandai Jaga Attitude

Jum'at, 11 Oktober 2019

BALIKPAPAN- Keberhasilan menyelesaikan studi di perguruan tinggi memberikan kebanggaan bagi para mahasiswa. Namun,di balik rasa bahagia setelah mendapatkan predikat sarjana, bukan tidak mungkin terselih kekhawatiran dan juga beragam pertanyaan mengenai dunia kerja.
Menyadari bahwa bekal keilmuan saja belumlah cukup bagi para sarjana yang dihasilkannya, STT Migas menggelar pembekalan alumni menghadapi tantangan dan memasuki dunia kerja, Kamis (17/10) di Kampus STT Migas.
Ketua Kadin Balikpapan Yaser Arafat menjadi tamu spesial di acara tersebut. Dewan Penasihat KONI Balikpapan ini tidak sendiri, juga hadir sebagai pembicara di acara bertajuk Find Your Passion ini,perwakilan Human Resources Forum Balikpapan, Dothy Amelia Saragih dan Siti Nurasnah. Keduanya memberikan gambaran umum dunia kerja dan tantangan yang riil dihadapi dakam bekerja, di hadapan 356 mahasiswa yang hadir dan akan diwisuda, Sabtu (12/10) besok.
"Untuk menjadi pelaku usaha ada beberapa tahapan yang harus dipersiapkan. Yakni punya integritas yang tinggi yang dalam bekerja harus bisa dipertanggungjawabkan,"katanya.
Selanjutnya, harus punya karya,kreasi,dan inovasi. Sehingga keberadaannya di mana pun akan tetap eksis. "Begitu pula dalam mengarungi pekerjaan baik itu atasan maupun bawahan harus punya link bahasa gaulnya ngopi. Bahasa syariahnya silaturahmi. Juga yang terpenting harus menjaga attitude kepada atasan maupun bawahan," ungkap Yaser.
Menurutnya,yang terpenting dalam bisnis maupun bekerja harus bisa memanfaatkan momen. Jangan sampai momen itu diabaikan. "Karena momen kalau diabaikan akan hilang,dan momen lain yang tidak tahu kapan datangnya," ungkapnya.
Yaser menambahkan, Kadin siap memfasilitasi lulusan STT Migas untuk bekerja di beberapa mega proyek besar Pertamina, di beberapa teknik industri yang berkaitan dengan jembatan penyeberangan PPU-Balikpapan serta sumber-sumber proyek menyambut ibu kota negara (IKN) baru.
Sementara Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STT Migas Balikpapan, Hamsir mengatakan, kegiatan pembekalan sudah yang kedua kalinya digelar. Khusus pembekalan ini ditujukan untuk mahasiswa yang akan diwisuda Sabtu nanti.
"Intinya dari kegiatan ini mahasiswa nantinya punya gambaran dalam mengarungi dunia kerja. Bagaimana strategi yang baik serta tantangan seperti apa dalam bekerja," katanya.
Dari mahasiswa yang lulus, Hamsir berharap ilmu yang didapat selama di kampus bisa diterapkan dalam dunia kerja. Yang terpenting lagi, STT Migas dapat menyiapkan SDM untuk menghadapi IKN ke depan.
Pembekalan semakin seru,karena diselingi tanya jawab seputar bagaimana gambaran peluang karier dalam bekerja,tips kiat sukses untuk menembus dunia kerja. Dan diakhiri pemberian cendera mata kepada pemateri.
(dwn/ms/k15)

List Komentar