STT Migas Lepas 25 Mahasiswa KKN Tematik, Lukman: Wujud Kontribusi ke Masyarakat

Selasa, 22 November 2022

Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas (STT Migas) Balikpapan melepas 25 mahasiswa angkatan 2019 yang akan menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Program Studi Teknik Geologi.

Prosesi pelepasan KKN Tematik gelombang I ini, dilakukan di Gedung LPPM kampus STT Migas di Jalan Transat, Km 8 Balikpapan Utara, Senin 21 November 2022.

Dimulai pukul 10.00 Wit itu, dihadiri Ketua STT Migas Balikpapan Dr Lukman ST MT, Waka III Karnila dan Ketua Prodi Teknik Geologi Ir Hamriani Ryka, ST,MT.

Hamriani Ryka mengatakan, dari 25 orang yang akan mengikuti KKN Tematik akan dibagi menjadi beberapa tempat di antaranya 20 orang di 6 Kelurahan Kecamatan Balikpapan Utara dan 5 Orang di tempatkan di Kecamatan Paser Balengkong, Kabupaten Paser.

Masing-masing kelurahan akan didampingi oleh dosen pendamping. Untuk peserta KKN Tematik di 6 Kelurahan Balikpapan Utara mengusung tema Pemetaan Zona Rawan Bencana Geologi dan isu-isu yang berkembang lainnya yang ada di masyarakat, ujarnya.

Ia menjalankan, hasil akhirnya berupa peta administrasi kelurahan dan peta zonasi bencana geologi yang harapannya dapat dijadikan sebagai bagian dari upaya mitigasi bencana.

Kemudian untuk peserta KKN Tematik di Kecamatan Pasir Balengkong mengusung tema Investigasi Airtanah sebagai upaya untuk membantu pemerintah setempat untuk mendapatkan sumber air tanah dalam yang dimanfaatkan warga setempat yang kekurangan air bersih, imbuhnya.

Sementara itu, Lukman mengatakan, KKN ini wajib bagi mahasiswa Program Studi Teknik Geologi yang dilaksanakan di semester VII.

Dengan Pelaksanaan KKN ini harapannya mendekatkan kampus STT Migas dengan lapisan masyarakat dengan pengabdian ilmu yang didapatkan di bangku kuliah dapat membantu, memberi kontribusi dan memberi solusi ke masyarakat dan pemerintah setempat terkait dengan persoalan-persoalan yang dihadapi dengan pendekatan keilmuan dengan kearifan lokal, terangnya.

List Komentar