STT Migas Dukung Aplikasi SIDIA

Selasa, 10 November 2020

BALIKPAPAN-STT Migas Balikpapan berkomitmen mendukung program aplikasi SIDIA (Sistem Informasi Data Inovasi Daerah) oleh Bappeda Litbang Kota Balikpapan. Aplikasi ini merupakan program yang digunakan untuk peningkatan pelayanan publik dibidang inovasi. Hal ini disampaikan Kepala LPPM STT Migas Karnila Williard SE BA MBA MA pada Jumat (6/11) lalu. Menurut Karnila, ini langkah yang baik yang dilakulan oleh pemerintah daerah. Karena pemda bisa memfasilitasi penelitian atau inovasi yang dilakukan akademisi. "Seluruh Civitas Akademika STT Migas sangat mendukung program kerja sama ini," terang Karnila.

Apalagi lanjut Karnila, STT Migas sebelumnya aktif terlibat dalam kegiatan inovasi daerah. Seperti kegiatan Kreteknov tahun 2019 lalu. Dimana mahasiswa STT Migas membuat penelitian tentang pengeringan ikan asin bertenaga air laut di Manggar Balikpapan Timur. "Tentu kami bisa berkontribusi kepada pemerintah daerah dan masyarakat. Yang sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi," ujar Karnila.

Dan ini lanjut Karnila, menjadi tambahan informasi bahwasannya inovasi yang dilakukan pihak kampus, tidak hanya mengacu pada Kementrian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi saja, tapi bisa juga lewat Kementrian Dalam Negri melalui Pemerintah Daerah. "Kedepan kami akan lebih mengarahkan kepada dosen agar tidak hanya terbatas secara Theoritical saja, tapi lebih ke arah menghasilkan inovasi-inovasi baru," kata Karnila.
Sementara itu, Kasubbid Pengembangan dan Penerapan Bappeda Litbang Balikpapan Zuraidah Lumongga berharap dengan adanya aplikasi SIDIA. Semua hasil inovasi yang ada di OPD. "Jadi kerja sama dengan akademisi atau perguruan tinggi maupun masyarakat dapat terdokumentasi secara sistematis dan komprehensip ini akan menjadikan suatu program inovasi penelitian dan pengembangan, yang bisa berpengaruh terhadap perencanaan dan pembangunan Kota Balikpapan," tutur Zuraidah.(dul)



List Komentar

PALESTINA DI HATI KU