STT Migas Book Club Jadi Wadah Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa

Jum'at, 17 Juni 2022

LINGKRANBERITA.COM, BALIKPAPAN Ilmuwan komunikasi Herbert Marshall McLuhan pernah mengatakan bahwa jenis media yang digunakan oleh seseorang akan mempengaruhi kebiasaan dan juga cara berpikirnya.


Pernyataan tersebut sangat relevan jika dengan pembahasan mengenai membaca melalui buku cetak (printed) serta membaca melalui buku elektronik (e-book).

Dalam artian, kebiasaan membaca buku cetak dan kebiasaan membaca buku elektronik bisa saja membentuk cara berfikir yang berbeda.

Hal itu pula yang membentuk Kampus Merahsebutan STT Migas Balikpapan Book Club STT Migas. Klub ini sendiri terbentuk atas kerja sama Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat (LPPM) dan perpustakaan STT Migas.

Menurut Salah satu Pemateri STT Club Book Club Desianto Payung Battu, ST,.MT mengatakan, bahwa STT Club Book Club salah satu wadah yang mampu memberikan pemahaman mengenai hakikat sebuah buku yang sebenarnya.

Intinya kami ingin memberikan penjelasan secara masif bahwa memang menjadi salah satu alat penunjang khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir, ujarnya.

Menurutnya, jika mahasiswa tidak menjadikan buku sebagai salah satu referensi maka kemungkinan mereka akan menghasilkan tugas akhir berkualitas.

Sebenarnya tidak hanya buku. Dosen juga harus mampu melihat kebutuhan dan perkembangan ternologi dunia nyata. Karena di sanalah mahasiwa akan mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus, terangnya.

Ia menjelaskan, bahwa hal dasar yang kemudian dibentuk STT Migas Book Club bekerja dengan LPPM dan perpustakaan STT Migas ini adalah kegelisahan para dosen yang melihat dinamika yang berkembang.

Intinya kami ingin menyampaikan kepada mahasiswa bahwa buku sebenarnya adalah kunci mereka menyelesikan tugas akhir. Dan sampai hari ini respon mereka baik. Itu artinya mereka hanya butuh bimbingan saja, katanya. (**lb-2)

List Komentar