STT Migas Balikpapan Gelar Guest Lecture

Jum'at, 22 November 2019

BALIKPAPAN- Guna menambah kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman langsung pada mahasiswanya, Sekolah Tinggi Teknologi Minyak da Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan menggelar Guest Lecture yang dihelat di Gedung LPPM STT Migas Balikpapan, Kamis (21/11). Dihadiri 150 mahasiswa mahasiswanya dari S1 teknik perminyakan, D3 teknik instromentasi elektonika migas, D3 teknik pengolahan migas serta S1 tekhnik geologi. STT Migas mengadirkan nara sumber dari Peneliti Ahli Madya Teknologi Bioproses Puslitbang Teknologi Minyak dan Gas Lemigas Jakarta Zulkifliani MSi. Dengan materi yang disampaikan tetap dengan pengolahan limbah di industri Migas dari hulu sampai hilir. Baik itu dari limbah padat, limbah cair maupun udara.
Kita mempunyai kewajiban, limbah limbah yang dihasilkan itu tetap sebagai bahan yang harus direduksi atau dikurangi di lingkungan. Agar lingkungan kita tetap aman tetap baik dan tidak mempengaruhi komunitas biota ada di sana, sehingga semuanya bisa berjalan dengan baik, kata Zulkifliani kepada Kaltim Post.
Namun, hal tersebut harus memiliki teknologi yang tepat yang digunakan untuk bagaimana cara mereduksi limbah-limbah Ini . dan itu spesifik untuk senyawa, padat, cair dan gas itu memiliki teknologi masing-masing. Hingga kriteria dan spesifikasi juga sudah ada baik itu menggunakan secara fisika, kimia dan biologi. Dirinya berharap, ilmu ini dapat bermanfaat. Dapat digunakan sebagai bekal walaupun materi yang disampaikan secara general atau umum saja. Sehingga apabila mereka terjun di bidang ini, mereka nanti akan lebih menekuninya akan tau lebih dalam.
Dengan pengetahuan semakin luas diketahui oleh adik-adik kita. Sehingga nanti akan membuka peluang. Agar mereka memahami bahwasanya lingkungan kita tetap harus dijaga kebersihannya. Supaya tidak mengganggu ekosistem yang lain. Karena kita hidup bukan sendiri. Namun terdapat juga makhluk makhluk lain yang harus ditoleransi kehidupannya, ujarnya.
Terpisah, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Hamsir SPd MT menambahkan, melalaui kegiatan ini paling tidak dapat menambah wawasan bagi siswa kami. Dibidang pengolahan limbah migas industri migas. Karena ini merupakan kampus dibidang migas maka lebih banyak membicarakan tentang eksplorasi hingga pengolahan pengolahan migasnya sendiri. Tetapi mungkin yang perlu dipikirkan kembali bagaimana cara mengelola limbah dari hasil pengolahan migas tersebut.
Semoga dengan adanya Guest Lecture ini dapat membuat mahasiswa untuk rajin penelitian di bidang limbah migas beserta dosen dosen, pungkasnya. (ami)

List Komentar