• By Admin

Mahasiswa STT Migas Raih Juara I Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah XI Kalimantan Tahun 2018


Satu prestasi membanggakan berhasilditorehkan mahasiswa STT Migas Balikpapan melalui Nashara Ulpah (TeknikPerminyakan 2015). Melalui karya tulis yang mengangkat potensi Geothermal diIndonesia, mahasiswa kelahiran Jakarta 6 Oktober 1997 tersebut berhasil meraihJuara I pada Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Sarjana) Tingkat Kopertis XIKalimantan Tahun 2018 dan berhak mewakili Kopertis XI untuk seleksi PemilihanMahasiswa Berprestasi tingkat Nasional.

Pada final yang berlangsung tanggal10 April 2018 di Aula Kantor Kopertis XI di Banjarmasin, Nashara Ulpah yangmerupakan Juara I Mahasiswa Berprestasi STT Migas Balikpapan tahun 2018, berhasilmengungguli 15 mahasiswa berprestasi wakil universitas swasta di Kalimantan.

Kopertis Wilayah XI bersama denganDirektorat Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi(Ristek Dikti) Republik Indonesia menyelenggarakan Pemilihan MahasiswaBerprestasi (Pilmapres) Sarjana Tingkat Kopertis Wilayah XI Kalimantan yangbertujuan untuk mencapai indikator kinerja Kementerian Riset Teknologi, danPendidikan yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi.

Tema Pilmapres yang diangkat padatahun ini adalah Suistainable Development Goals. Acara ini diikuti oleh 16perwakilan mahasiswa berprestasi dari 16 Perguruan Tinggi Swasta di lingkunganKopertis Wilayah XI. Dalam kegiatan ini, mahasiswa menyampaikan presentasiterkait inovasi, saran, dan opini dalam rangka mencapai Tujuan PembangunanBerkelanjutan di tahun 2030. Di akhir acara, akan dipilih 5 peserta terbaikuntuk menghadapi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional.

Setiap peserta diberikan waktuuntuk memaparkan presentasi selama 5 menit dan juri memberikan kewenangankepada peserta yang menyimak untuk bertanya terkait materi yangdipresentasikan. Setelah sesi presentasi dilanjutkan pada tahap kedua yaituinterview. Interview tebagimenjadi 3 pos; yaitu Pos Akademik, Psikologi, dan Bahasa Inggris.

Setelahmelalui proses penjurian, ditetapkan 5 peserta terbaik yang akan mewakiliKopertis Wilayah XI dan PTS masing - masing ke Pilmapres Tingkat Nasional:Juara 1 Nashara Ulpah (STT Migas Balikpapan), Juara II SholahuddinShaoum Abdurrohman (Univ. Muhammadiyah Palangkaraya), Juara III BetaKarlistiyaningsing (STIKES Yarsi Pontianak), Juara IV Albert Dannil (STIE MuliaSingkawang), dan Juara V Selly Novira (Univ. Muhammadiyah Pontianak). 

Berita Lainnya

Kerjasama