Hasilkan Sembilan Karya Mahasiswa D3 TIEM

Kamis, 28 November 2019

BALIKPAPAN- Untuk pertama kalinya, Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan menggelar pameran teknologi, Instrumentasi Elektronika Exhibition (INEX) 2019. Pameran yang mengusung tema Berinvestasi Membangun Negeri di Era Perkembangan Teknologi ini, dipusatkan di aula kampus, Rabu (27/11) kemarin.
Ada sembilan tim dari program studi D3 Teknik Instrumentasi Elektronika Migas (D3 TIEM) yang memamerkan hasil karyanya.

Dosen D3 Instrumentasi Elektronika Migas Riza Hadi Saputra menjelaskan, pameran teknologi ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Mikroprosesor. Mereka saya tugaskan untuk membuat sebuah robot atau alat yang kemudian akan dipamerkan. Kami berikan waktu dua bulan untuk mereka agar dapat menghasilkan satu karya, per tim, jelas Riza.
Dalam pameran itu, mahasiswa berhasil menyelesaikan tugas dengan menghasilkan berbagai macam konsep robot, mulai dari robot pembersih lantai, automatic dispenser, kunci pintu otomatis dan lainnya. Mereka yang merupakan mahasiswa angkatan 2017-2018 ternyata hampir semua telah memahami makna dari pameran ini. Jadi mereka sudah dapat menghasilkan sebuah karya yang aplikatif dan tepat guna. Dari sini kami sekaligus melihat sejauh mana potensi mereka, ungkap Riza.

Ia berharap, nantinya hasil karya mahasiswa ini dapat diikut sertakan dalam pameran lainnya. Target kami, ini akan menjadi batu loncatan bagi STT Migas untuk menggelar pameran teknologi yang lebih besar. Kami harapkan tahun depan kita bisa membuat event yang besar dan dapat disaksikan masyarakat umum. Karena untuk saat ini pameran ini masih disaksikan oleh internal kampus. Kami ada rencana tahun depan akan memulai dengan menggelar lomba robotic, seminar robotic dan pameran teknologi ini, tegasnya.

Selain menghadirkan hasil karya mahasiswa, dalam agenda itu, juga sekaligus sebagai peresmian Migas Robotic Club (MRC). Jadi saat ini kami telah memiliki tim robotic yang akan siap berkompetisi di tahun depan. Kami harapkan akan banyak karya mahasiswa yang dapat dihasilkan dari komunitas ini, pungkas Riza.

List Komentar