Dosen STT Migas Berbagi Pengalaman Mendapatkan Beasiswa Di Taiwan

Senin, 27 Januari 2020

BALIKPAPAN - Dua dosen pengajar Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas Bumi (STT Migas) Balikpapan Berbagi pengalaman saat memilih hingga menjalani proses beasiswa S3 di Negeri Naga kecil Asia (Taiwan).

Bertempat di gedung auditorium kampus STT Migas Balikpapan, Senin (27/1), Wahyu Hendra Gunawan dan Fitri Oktafiani membeberkan pengalamannya di hadapan puluhan dosen S1 dan S2.

Kami berdua mendapat beasiswa di National Chiao Tung University (NCTU) Taiwan, Agustus 2018 lalu, kata Hendra Gunawan didampingi Fitri Oktafiani.

Hendra Gunawan mengatakan, Sharing seasion kali ini merupakan berbagi pengalaman dengan semua dosen di STT Migas yang ingin melanjutkan S3. Terutama melalui jalur beasiswa di luar negeri.

Alhamdulillah kami berdua kebetulan dapat beasiswa di Taiwan, ungkapnya.

Apa saja yang perlu di persiapkan, pertama pilih negara yang memiliki kampus/universitas sesuai dengan jurusan kita. Kemudian apakah ada profesor pengajar yang sudah sesuai dengan bidang yang Kita inginkan.

Pastikan sebelum memilih sebaiknya konsultasi dulu di University yang kita tuju, tambahnya.

Fitri Oktafiani menambahkan, beberapa kendala saat perkuliahan seperti adaptasi bahasa dan culture dari masing - masing daerah di Taiwan.
Seperti di Indonesia, beda pulau pasti beda adat budaya. Begitu juga di sana. Bahkan masih banyak yang kurang paham menggunakan bahasa Inggris, ungkapnya.

Sementara pihak STT Migas Balikpapan pun memberikan kemudahan dan support penuh terhadap dosen yang ingin melanjutkan jenjang kariernya. Support yang diberikan berupa kemudahan berkas dokumen yang sulit didapat dosen.

Semoga teman-teman dosen lainnya bisa mencoba pengalaman kami untuk melanjutkan S3 di luar negeri yang sesuai basicnya, melalui jalur beasiswa seperti kami. Tentu dengan melihat kualitas dan spek kampus yang akan di tuju, tandasnya.(*/snd)

List Komentar

PALESTINA DI HATI KU