DI TENGAH PANDEMI COVID-19, STT MIGAS BALIKPAPAN MELAKSANAKAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) SECARA ONLINE

Jum'at, 15 Mei 2020

Di masa pandemi virus corona (COVID-19) membawa dampak dan perubahan yang sangat signifikan pada beberapa sektor khususnya pada sektor pendidikan. Kegiatan belajar mengajar hingga Ujian Akhir Semester dilakukan secara daring (online) atau pembelajaran jarak jauh sehingga mau tidak mau dosen dan mahasiswa harus bisa cepat beradaptasi pada kondisi tersebut.

Setelah menjalani proses belajar mengajar secara daring, STT Migas Balikpapan melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) secara daring. Tentang pelaksanaan ujian akhir semester (UAS) secara online yang dilakukan oleh STT Migas Balikpapan ditengah wabah Covid-19 adalah sebagai jawaban dan bentuk serta tanggungjawab kita sebagai institusi penyelenggara pendidikan yang memiliki kewajiban untuk melaksanakan tridharma pendidikan yaitu dengan tetap memberikan pengajaran secara online dan mengevaluasi hasil pembelajaran secara online dengan melaksanakan ujian secara online, dan di kampus kita STT Migas Balikpapan ini adalah merupakan hal pertama yang kita lakukan dan alhamdulillah berjalan dengan lancar. Ujar Lukman, S.T., M.T, Selaku Ketua STT Migas Balikpapan, Senin, (11/05/2020). Support Institusi terhadap pelaksanaan ujian online sangat mendukung, karena kedepan kita akan dihadapkan dengan penggunaan teknologi informasi yang semakin berkembang, sehingga institusi dan pengelola dalam hal ini Yayasan STT Migas Balikpapan sangat mensupport kegiatan tersebut, lanjutnya.
Persiapan pelaksanaan Ujian Akhir semester (UAS) telah direncanakan sejak bulan april dimulai dari membuat alur sistem UAS online hingga simulasi yang dilakukan oleh semua admin prodi.
Wakil Ketua I Bidang akademik STT Migas Balikpapan, Bambang Sugeng S.T.,M.T mengatakan STT Migas Balikpapan akan memberlakukan Ujian Akhir Semester (UAS) dengan bentuk Online Exam dan soal kasus kepada mahasiswa selama pemberlakuan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Persiapan ujian online ini kami sudah rencanakan sejak bulan april dimulai dari persiapan sistem, bentuk soal, tata tertib ujian hingga mensosialisasikan ke mahasiswa. Kebijakan pelaksanakan ujian tersebut tetap berdasarkan dari surat edaran yang dikeluarkan oleh Kemendikbud tentang pembelajaran selama masa darurat pandemik Covid-19. Ujarnya, Senin, (11/05/2020).

Pelaksanaan UAS ini dilakukan dengan mengakses akun portal akademik masing-masing mahasiswa. Mahasiswa melakukan absensi (check in) sesuai jadwal mata kuliah yang diujiankan kemudian mahasiswa mendownload soal yang telah diupload oleh masing-masing dosen mata kuliah. Jawaban kemudian bisa diupload kembali ke sistem maksimal 1x24 jam. Kita berharap mahasiswa bisa siap dengan keadaan sekarang, walaupun pasti ada beberapa kendala teknis yang dapat terjadi di lapangan, sehingga hal tersebut nanti bisa menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan, misalnya dari sisi jaringan internet mahasiswa, perangkat IT yang belum ada dan gangguan lainnya yang bisa saja terjadi Ucap, Hamsir,S.Pd.,M.T.,Selaku Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan STT Migas Balikpapan.

List Komentar