Di Tengah Pandemi Covid-19, STT Migas Balikpapan Terapkan Kuliah Online

Selasa, 28 April 2020

Kuliah daring menjadi salah satu solusi agar prosesrnbelajar mengajar tetap terlaksana di tengahrnwabah virus corona (Covid-19) yang semakin meluas. Di tengahrnpandemi Covid-19rnyang puncaknya di prediksi padarnpertengahan bulan April, STTrnMigas Balikpapan memberlakukan perpanjangan masa pembelajaranrndaring hinggarnbatas tak ditentukan.

rnrn

Dalam menjalankanrnkuliahrndaring ini, beberapa hal kiranya perlu diperhatikan agar aktivitas belajar mengajar dapat berjalan dengan efektifrndan nyaman. Dosen dapatrnmemodifikasi ulang rencanarnpembelajaran untuk menyesuaikan proporsi penugasan dengan kapasitasrntenaga darirndosenrndanrnmahasiswa. Materirnpembelajaran pun secara umum bersifat fleksibelrnkarena dapat dibagikan melalui platform daring yang dapat berupa video praktis.

rnrn

Untuk perkuliahan secara daring di STT Migas Balikpapan,rnAlhamdulillah berjalan dengan lancar, dosen dan mahasiswa tetap dapatrnberinteraksi dengan menggunakan google classroom, whatsapp, zoom, dll walaupun tidakrnterlalu efektif seperti halnya dengan perkuliahan tatap muka. Ujar Hamsir,rnS.Pd.,M.T, Selaku Wakil Ketua III STT Migas Balikpapan, Jumat, (10/04/2020).

rnrn

Bagi dosen, mahasiswa dan institusi yang terbiasa dengan perkuliahan daring, format perkuliahan dengan memanfaatkan teknologirninformasi berbasis internetrnini tidak menjadi persoalan. Mereka cukup menambah porsi pertemuan daringnya, atau mengganti sesi tatap muka di kelas menjadi pertemuanrndaring di internet.rnSebagai bentuk dukungan kepada mahasiswa, Kampus STT Migas Balikpapanrnmemberikan subsidi berupa paket kuota kepada seluruh mahasiswa dan dosen selamarn3 bulan terhitung April hingga Juni.

rnrn

Salahrnseorang mahasiswa mengatakan bahwa, masalah terbesar dalam perkuliahan daring tentu saja soal kualitasrnjaringan. Ketikarnburuk, paparan dosenrnkadang kurang jelas dan responsrnatas pertanyaan memiliki jeda. Selain itu, Jika mahasiswa berbicara ataurnbertanya pada saatrnbersamaan, suara kadangrnterpantul sehingga kedengaran berisik.

rnrn

Terlepas dari pandemi Virus Corona, semua mahasiswa dituntut untuk mandiri dalam menjalankan semua amanah dalam kehidupan, terlebih dalam kondisi darurat. Niat dan motivasi tinggi untukrnberjuang adalah kunci utama, anggaplah kondisi ini sebagai cara untukrnsama-samarnbelajar menghadapi masalah dengan tenang dan tidakrnpanik.


cfecdb276f634854f3ef915e2e980c31.png



47d1e990583c9c67424d369f3414728e.jpg





List Komentar

PALESTINA DI HATI KU